Hemat Waktu, Kroasia Terapkan Pelayanan Kesehatan Elektronik

Seringkali sistem layanan kesehatan manual membuat kita lelah. Sistem manual dari mulai membuat janji pertemuan dengan dokter sampai dengan membeli resep seringkali tidak efisien dan memakan waktu.  Namun demikian, negara Kroasia telah mengusahakan sistem elektronik untuk layanan kesehatan di negaranya.

Seperti dilansir di situs eupractice.eu (3/1), negara Kroasia mulai menggunakan sistem pelayanan kesehatan elektronik sejak 1 Januari 2011. Mulai dari janji pertemuan dengan dokter, dokumen kertas, resep sampai dengan hasil tes semuanya akan diganti dengan format elektronik di negara tersebut. Sejauh ini sudah ada sekitar 10 wilayah, yang setara dengan propinsi. di Kroasia yang menerapkan sistem tersebut. Satu wilayah yang lainnya akan menyusul pada 15 oktober 2011.

Kebijakan tersebut dapat membawa dampak positif baik dari pasien maupun dari manajemen administrasi
kesehatan di Kroasia. Dengan sistem tersebut, pasien dapat menghemat waktu dalam memakai layanan kesehatan di Kroasia. Di lain pihak, kebijakan tersebut dapat mendorong sistem manajemen administrasi kesehatan yang lebih efisien dan
efektif di Kroasia.


Albert
Hasudungan


(albert@wartaekonomi.com)
--------------------------------
Sumber : wartaegov.com

0 comments:

Posting Komentar

ยช