Transjakarta akan Dipasang GPS

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memasang GPS (global positioning system) di seluruh unit bus Transjakarta. Pemasangan GPS tersebut adalah bagian dari penerapan konsep fleet management (manajemen armada) yang mulai diterapkan pada 2011.


Tujuannya pengaturan tersebut merupakan upaya unuk mengefektifkan pelayanan transportasi umum  dengan Transjakarta di Jakarta. Berita yang dilansir dalam publikasi Kominfo yang bersumber dari beritajakarta.com, menyebutkan bahwa sistem bus tracking sistem (BTS) melalui alat GPS akan dipasang di bus Transjakarta di seluruh Koridor.

Adanya sistem tersebut akan menunjukkan keberadaan bus sehingga keadaan akan selalu terpantau. Semisal bila jarak bus terlalu rapat maka penyelesainnya dapat ditangani dengan direnggangkan jaraknya, atau kalau terlalu renggang bisa dirapatkan.Dengan demikian, target headway busway rata-rata 5 menit bisa terpenuhi..
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, yang dilansir dari sumber yang sama, bahwa BTS akan diatur dalam ruang pengendali milik Dishub DKI Jakarta. Adanya ruang pengendali diharapkan bisa mengetahuikecepatan, keberadaan serta mengatur operasionalisasi bus dan menghindari penumpukan penumpang. Saat ini, pengaturan hanya menggunakan sistem radio saja.

Arif Hatta (hatta@wartaekonomi.com)

----------------------------------------
Sumber : warrtaegov.com

0 comments:

Posting Komentar

ยช