Estonia Mengurangi Kemacetan dengan Menggunakan Active Traffic Management

Active Traffic Management (ATM) merupakan teknologi yang sangat berguna untuk memperbaiki sistem lalu lintas, beberapa negara sudah banyak menggunakan teknologi ini dan telah merasakan hasilnya, contohnya beberapa negara di Amerika dan Eropa. Seperti dikutip dari www.itsinternational.com (30/12/2010), tidak mau ketinggalan pada Desember 2010 kemarin, Estonia’s Road Administration Authority mengatakan bahwa di tahun 2011 mereka akan mengaplikasikan Active Traffic Management sebagai sistem informasi digital yang diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan lalu lintas.

Dengan menggunakan sistem ini, pengguna jalan dapat mengetahui informasi tentang keadaan jalanan, kemungkinan terjadinya kemacetan, kondisi cuaca, dan informasi lainnya. Informasi tersebut dikirimkan ke beberapa media seperti alat GPS (global positioning system) yang ada di mobil, melalu layanan SMS (short message service), atau lewat radio.

Menurut pihak yang berwenang di Estonia, sistem informasi Smart Road dapat mengintegrasikan informasi-informasi yang berkaitan dengan lalu lintas dengan pengguna jalan di Estonia secara online. Selain itu, dengan adanya ATM ini dapat langsung dideteksi kecelekaan yang terhadi, dan adanya sensor sinyal otomatis arus lalu lintas dapat dimonitor setiap 15 sampai 20 menit, dan akhirnya akan mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas

0 comments:

Posting Komentar

ยช