Austria Raih Penghargaan Aplikasi Ramah Lingkungan

Kementrian keuangan Austria meraih peringkat dua dalam kompetisi German e-government 2010 untuk kategori ramah lingkungan di Jerman. Para juri yang memutuskan penghargaan untuk kompetisi tersebut terdiri dari ahli modernisasi administrasi.  

Pasalnya, Kementerian keuangan Austria mampu membuat suatu sistem pelayanan administrasi keuangan dan perpajakan elektronik bagi publik dengan mengurangi penggunaan kertas. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kertas menggunakan bahan baku kayu yang ditebang dari hutan. Di Austria, aplikasi elektronik tersebut dikenal dengan nama FinanzOnline.


Dengan sistem administrasi keuangan dan perpajakan tanpa kertas tersebut, potensi terjadinya eksploitasi dan pencemaran lingkungan dapat diminimalisir. Data yang dilansir dari situs epractice.eu, menyebutkan bahwa sistem administrasi elektronik tanpa kertas tersebut dapat mengurangi pemotongan dan penggunaan kayu hingga 90 ton. Selain itu, sistem administrasi tanpa kertas tersebut dapat mengurangi potensi pembuangan limbah industri hingga 1,4 juta liter.

Tidak hanya ramah lingkungan, sistem administrasi keuangan dan perpajakan tersebut ternyata juga efisien secara ekonomi. Data dari situs epractice.eu menyebutkan bahwa sistem tersebut menghemat listrik hingga 630 MWh. Selain itu, aplikasi FinanzOnline yang diterapkan pemerintah Austria mempermudah pembayar pajak dalam hal efisiensi waktu pengecekan pemeriksaan pajak dan peningkatan transparansi perpajakan.

Albert (redaksi.wartaegov@gmail.com)

------------------------------------------
Sumber : wartaegov.com

0 comments:

Posting Komentar

ยช